Kamis, 14 November 2013

#Tips: Mengobrol dengan Kenalan Baru

Tips Ngobrol dengan Kenalan Baru
Intisari-Online.com - Berkenalan dengan orang asing di sebuah pertemuan penting terkait pekerjaan itu ternyata tidak gampang. Salah strategi, justru bisa runyam akibatnya. Salah satu jurus berkenalan secara aman dan menyenangkan yaitu melalui obrolan.
Pembicaraan akan tetap menarik, apabila dilakukan dua arah. Jadi, tidak hanya membicarakan diri sendiri atau mendominasi. Berikut beberapa cara tepat dalam mengembangkan percakapan dengan orang yang baru dikenal.
1. Kontrol bahasa tubuh dan bahasa wajah Anda
Selama berbicara, tetaplah menjaga kontak wajah, tapi jangan terkesan "menguasai". Gerakan ekspresif boleh saja, tapi jangan eksesif (berlebihan).
2. Tidak menggosip
Begitu Anda memulai, siapa tahu dia kenal baik dengan si objek gosip. Anda juga akan terlihat kecil, tapi berbobot.
3. Kembangkan topik pembicaraan
Dari berbagai isu yang ada di koran maupun majalah, Anda akan mendapat bahan pembicaraan yang variatif.
Topik yang Anda ketahui persis bisa dibicarakan lebih mendalam. Ingat, ini bukan diskusi. Hindari perbantahan atau adu argumen.
4. Miliki rasa humor
Setiap orang senang lelucon atau anekdot. Tapi hati-hati, walaupun humor tentang seksual dan etnis mungkin bisa meledakkan tawa dan senyum geli, lelucon yang Anda lemparkan mencerminkan citra keseluruhan diri Anda. Jangan rendahkan martabat Anda dengan lelucon murahan.
5. Tidak menginterupsi
Dari survei tentang hal apa yang melukai percakapan, maka 90% responden mengaku tak suka diinterupsi. Jika ingin menjadi teman bicara yang menyenangkan, beri kesempatan ia menyelesaikan apa yang ingin disampaikannya. Tahanlah keinginan Anda menyela.
6. Tunjukkan antusiasme
Jangan ragu-ragu mengekspresikan antusiasme, karena hal itu akan menunjukkan betapa Anda tertarik terhadap topik yang dia bicarakan. Gunakan perasaan saat bicara dan mendengarkan.
7. Luweskan sudut pandang
Bukalah diri terhadap pandangan orang lain. Anda boleh mengungkapkan pandangan Anda, tapi tanpa kesan bermusuhan, menyerang, ataupun membela diri. © 2013

Sumber: Tips Mengobrol dengan Kenalan Baru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar