Kamis, 17 Oktober 2013

#Catatan: Diterima atau Tidak? Tips Menghadapi Pengumuman Tema Skripsi

Meski belum tahu tema yang diajukan diterima atau tidak, tapi kuharus siap dengan risiko terburuk yang bisa terjadi, atau pun yang terbaik. Risiko yang sama sekali tidak diharapkan terjadi: tema ditolak dan menjadi akhir dari cerita. Risiko yang betul-betul diharapkan: tema diterima dan mendapat pembimbing yang sangat pas.
Oleh karena itu, sebagai antisipasi: persiapkan rancangan kasar dengan tema yang telah diajukan dan juga satu atau dua tema cadangan (plan B). Rancangan kasar perlu disiapkan agar pada saat tema dinyatakan diterima, kita bisa langsung segera bimbingan. Plan B perlu disiapkan apabila tema ditolak, ini supaya ketika mendapat kabar yang tidak menyenangkan ini kita sudah punya tali pegangan lain untuk maju.
Maka, ada dua langkah besar yang harus dilakukan demi menghadapi kemungkinan-kemungkian yang bisa saja terjadi salah sati diantaranya sebagai berikut:
Langkah pertama: susun kerangka dan badan karangan skripsi bahkan kalau bisa sampai bagian simpulan. Hal ini supaya bimbingan tidak memerlukan waktu yang lama dan pada akhirnya bisa lulus dengan tepa waktu kalau tidak mau dikatakan cepat.
Langkah kedua: cari tema baru sebagai cadangan dan siapkan literatur primer dan sekundernya. Kalau bisa literatur yang digunakan bisa dimanfaatkan untuk keduanya: ini supaya menghemat waktu dan tetap dapat lulus dengan tepat waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar