Rabu, 12 Februari 2014

Mencapai Sekolah di Atas Awan dari Rumahku

Dari rumahku menuju sekolah yang mendapat julukan sekolah di atas awan itu kita akan menghabiskan empat jam perjalanan dengan empat atau lima kali berganti kendaraan. Dari rumahku kita akan menggunakan jasa tukang ojek sampai ke terminal kecamatan Wado. Lalu naiklah bus antarkota-antarprovinsi yang mana saja yang melewati tol Padalarang. Tidak banyak pilihannya diantara bus jurusan Jakarta atau Cikarang tetapi bertanyalah kepada orang-orang yang terlalu sedikit di terminal itu. Jika kita tak sedang beruntung maka naiklah bus mana saja yang pasti membawamu menuju tol Padaleunyi. Turunlah dari bus itu di pintu tol Cileunyi. Lalu carilah bus yang menuju Jakarta melewati Bogor atau Cianjur. Naiklah lalu minta turun di pintu tol Padalarang. Turunlah dekat gerbang Kota Baru Parahyangan. Dari situ carilah angkot berwujud oplet dengan trayek yang lewat Stasiun Padalarang. Turunlah segera apabila telah sampai di depannya.
Di stasiun itu temukan tempat di mana satu-satunya angkot terakhir yang akan kamu tumpangi ngetém (berhenti -red) dalam waktu yang membuatku harus menahan kencing. Angkot ini akan membawamu menuju surga dengan jalanan yang menanjak melewati berkilo-kilometer hamparan sayuran kol dan lobak serta jejeran kubung jamur merang. Sungguh pun kita harus bersabar sampai angkot ini berangkat dikarenakan harus menunggu sampai penuh oleh penumpang, hawa dingin di sepanjang perjalan akan membuatmu merasa ingin tidur di dalamnya. Jadi nikmatilah perjalananmu ini. Jangan lupa untuk beritahukan sopir angkotmu agar menurunkanmu di satu-satunya sekolah menengah atas berasrama di Cisarua sana.
Di situlah dulu aku bersekolah selama tiga tahun lamanya jauh dari rumah. Hanya pada saat libur semester dan lebaran saja aku pulang ke rumah dan mengulangi seluruh perjalan empat jam ini. Oleh karena itu, pandai-pandailah bersyukur bagi kalian yang bisa bersekolah dekat rumah. Dan tak ada hal apapun yang bisa menghalangi seseorang untuk tidak bersyukur bisa bersekolah jauh dari rumah apabila ternyata sekolah yang jauh itu adalah surga dan obat mata yang berada di ketinggian awan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar