Rabu, 02 Januari 2013

Riwayat Kebahasaan

(1) #Otak saya telah terbiasa untuk berpikir dalam 3 bahasa berbeda. #Bahasa ke-4 dan ke-5 yang saya pelajari belum terkuasai.

(2) #Bahasa ke-1 Sunda ke-2 Indonesia ke-3 Inggris ke-4 Arab ke-5 Jerman ke-5 Prancis Bahasa2 yang baru saya kenal Korea, Turki, Spanyol ...

(3) Bahasa Sunda adalah bahasa ibu saya dan Bahasa Indonesia hampir berbarengan pengenalannya. Bahasa Inggris saya pelajari ketika SMP.

(4) Tayangan televisi otomatis mengenalkan saya kepada bahasa Inggris. Bahasa Sunda dikenalkan oleh keluarga segeea setelah saya dilahirkan.

(5) Bahasa Arab sebenarnya telah dikenalkan oleh orang tua sesaat setelah saya dilahirkan. Ayah mengumandangkan azan dan iqamat di telinga.

(6) Bahasa Indonesia dipelajari di SD lebih intens daripada bahasa Sunda. Bahasa Arab di sekolah mengaji dan SMA. Bahasa Inggris di SMP.

(7) Bahasa Jerman dan Prancis di Universitas (formal). Bahasa Turki baru-baru ini melalui seorang teman. Bahasa Korea dari tayangan drama.

(8) Dan tiga bahasa (Sunda, Indonesia, Inggris) menjadi bahasa utama dan berperan penting dalam kehidupan sehari-hari saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar