Jumat, 11 Juli 2014

Survei Kecil-kecilan: Bagaimana Remaja Menggunakan Facebook?

Inilah hasil survei main-main kecil-kecilan di siang hari ini tentang bagaimana anak-anak remaja di daerah domisili saya menggunakan facebook:
1. Sampel berjumlah enam dipilih dari grup facebook beranggotakan 31 orang yang mengatasnamakan komunitas muda-mudi x. Usia sampel ~ 17 tahun.
2. Lima dari enam sampel menyisipkan nama komunitas x di dalam nama akun facebooknya. Satu sisanya bahkan hanya menggunakan nama panggilannya saja.
3. Status-status yang terakhir kali diposting ada dalam rentang waktu satu bulan terakhir. Yang paling baru adalah hari ini.
4. Apa yang mereka tulis? Yaitu hal-hal yang tidak berkaitan dengan keadaan Indonesia saat ini: tentang pemilu, ataupun tentang piala dunia.
5. Jadi, mereka hanya menulis tentang apa yang mereka rasakan saja: kekesalan karena peristiwa dalam kehidupan sehari-hari dan hal-hal yang bersifat pribadi. Status menggunakan bahasa Sunda - Indonesia, singkatan-singkatan, dan masih "alay".
6. Semua sampel sering memposting foto selfie.
7. Dua dari enam menggunakan foto yang telah difilter sebagai foto profil. Sisanya menggunakan foto tanpa filter sebagai foto profil.
8. Simpulan: Remaja-remaja ini masih belum keluar dari zona alay.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar